Tags

,

Gak tau kenapa sekarang aku males banget nonton film kalau gak di bioskop 😛 apalagi kalau harus nonton film dari VCD atau DVD bajakan, uh! paling gak suka.

Tapi siang itu aku membaca judul sebuah film pada jadwal tayang TV di HBO Family yaitu “My Sister’s Keeper” diperankan oleh Cameron Diaz. Aku langsung aja tertarik dan menontonnya. Bukannya tanpa sebab, aku pernah membaca sebuah novel dengan judul yang sama ditulis oleh Jodi Picoult tapi dalam versi bahasa Indonesia. Novel setebal 523 halaman itu diterbitkan oleh PT. Gramedia.

Waktu aku membeli novel itu aku tertarik dengan covernya yaitu gambar seorang gadis kecil yang cantik dengan wajah innocent seperti seorang malaikat kecil. Aku yakin pasti aku bisa menangis atau paling tidak ikut terhanyut dalam kesedihan ketika membaca novel itu. Tapi setelah ku baca ternyata tidak seperti itu.

Sebenarnya novel ini memiliki cerita yang sangat menarik hanya saja mungkin dalam pengalihbahasaannya terasa berbelit-belit membuat aku ngantuk dan sedikit bosan membacanya. Andai saja masih dalam versi bahasa Inggris mungkin akan lebih mudah dipahami.

Tetapi tadi waktu aku nonton filmnya terlihat lebih menarik dari novelnya. Apalagi diperankan oleh Cameron Diaz sebagai ibu dari Kate dan Anna.

Novel tersebut diilhami dari sebuah kisah nyata seorang gadis yang bernama Anna yang terlahir untuk menyelamatkan kakaknya –Kate- yang menderita leukemia. Beberapa jam setelah lahir, Anna harus menyumbangkan sel darah tali pusat untuk Kate. Kemudian Anna menjalani berpuluh-puluh suntikan, transfusi darah, dan operasi untuk menyelamatkan Kate sampai kemudian ibunya meminta Anna untuk menyumbangkan ginjalnya pada Kate. Akhirnya Anna mengambil keputusan untuk menggugat ibunya di pengadilan agar memperoleh hak atas tubuhnya sendiri. Tentu saja Anna memenangkan gugatan ini. Keputusan ini membuat keluarga itu terpecah dan berakibat meninggalnya Kate. Tetapi ternyata keputusan Anna menggugat orangtuanya adalah atas desakan Kate yang sudah lelah atas penderitaannya. Di akhir cerita keluarga tersebut kembali bersatu dan selalu merayakan hari ulang tahun Kate setiap tahunnya untuk mengenang kepergian Kate.

Advertisements