Tags

Aku teringat masa kecilku yang suka banget baca karena sering dibawakan oleh ibuku berbagai macam buku, baik buku cerita maupun buku ilmu pengetahuan. Karena banyaknya buku-buku di rumahku jadinya dulu aku bikin perpustakaan pribadi yang kukelola bersama kakakku. Siapa saja boleh pinjam gratis. Tapi bagi yang terlambat mengembalikannya harus bayar denda. Tapi sayang, banyak teman-temanku yang tidak mengembalikan buku-bukuku. Akhirnya perpustakaannya gak jalan.

Buku cerita yang paling aku suka adalah “Tini”. Trus buku pengetahuan yang aku suka adalah “Buku Pintar Seri Senior dan Junior” yang ditulis oleh Iwan Gayo. Ada juga buku “Seratus Tokoh yang paling berpengaruh”, dan ada satu lagi buku yang kusuka yaitu buku tentang buah-buahan, tapi aku lupa judulnya.

Nah cerita tentang “Tini”. Aku mengenal buku Tini ini sejak aku TK. Waktu itu aku sudah lancar membaca, sampai-sampai guru TK ku terheran-heran karena aku sudah lancar baca saat baru masuk TK. Mungkin gara-gara buku Tini inilah aku jadi suka baca. Karena ceritanya dan gambarnya sangat bagus. Aku bisa menghabiskan lama banget hanya untuk memandang gambar si Tini. Gambarnya hidup, dan tokoh Tini nya itu cantik banget, begitu pula teman-temannya.

Seperti ini loh buku Tini itu..

Buku ini penerbit Gramedia, bahkan dulu aku juga suka ngeliatin logo gramedianya :D. Mmm…Kalau tidak salah, si Tini ini punya kakak dan adik laki-laki, dia juga punya anjing dan kucing lucu. Tapi sayangnya buku-buku Tini milikku sekarang gak tahu ada dimana. Seandainya masih ada buku ini aku mau beli lagi.

Berikutnya adalah Buku Pintar Seri Senior dan Junior yang ditulis oleh Iwan Gayo. Aku suka banget buku itu karena berisi banyak ilmu pengetahuan umum di seluruh dunia. Yang paling aku suka adalah yang seri senior karena informasinya lebih banyak dan lengkap. Dulu aku sampai hapal isinya. Sampai-sampai aku suka bikin acara cerdas cermat bersama teman-teman di rumah.

Ada lagi buku yang aku suka yaitu buku Seratus Tokoh yang paling Berpengaruh. Itu berisi tokoh-tokoh dunia, baik tokoh agama, penemu, politisi, dll. Tapi sayangnya juga buku itu dipinjam oleh temanku saat SMA dan tidak dikembalikan 👿 .

Dan yang terakhir adalah buku tentang buah-buahan. Sebenarnya ada juga buku tentang bunga, tapi aku kurang suka. Buku tentang buah-buahan ini berisi tentang deskripsi berbagai macam buah dan ada ilustrasinya juga berupa sketsa buah tersebut, sampulnya berwarna hijau bergambar buah duku, bukunya tidak terlalu tebal, sederhana tapi sangat menarik. Karenanya aku juga sampai hapal kata-katanya. Dulu aku suka membacakan buku ini sebagai tebak-tebakan untuk orang tuaku, kakak, tante, om, dan teman-teman. Mereka semua suka mendengarkan aku membaca isi buku itu dan menebak buah apakah yang aku bacakan deskripsinya itu.

Hhh..Tapi sekarang buku-buku kesayanganku itu entah ada dimana L. Mungkin karena dulu di masa kecilku sempat 2 kali pindah rumah, jadi buku-buku itupun hilang. Sekarang aku kangen sama buku-buku itu, aku ingin anak-anakku juga membaca buku-buku yang pernah kubaca saat ku kecil dulu…

Advertisements